Tempe Turunkan Kolesterol

Orang Indonesia pasti sudah sangat familiar dengan bahan makanan bernama Tempe. makanan ini murni berasal dari Indonesia dan dibuat dari bahan kacang kedelai. Makanan bernama tempe ini sebenarnya sudah dikenal ratusan tahun lalu dari masyarakat Jawa dan rujukan pertama mengenai tempe sendiri ditemukan sekitar tahun 1875. Tempe ini merupakan bahan makanan yang dibuat dari kedelai dan kemudian difermentasi menggunakan jamur Rhizopus oligosporus. Nah banyak sekali bahan makanan lezat yang bisa dibuat dari tempe diantaranya sambel goreng tempe dan tahu, tempe goreng, tempe rebus, gorengan tempe, sampai dengan kering tempe yang namanya sudah terkenal di seluruh dunia.

Khasiat luar biasa tempe sendiri mulai diketahui banyak orang ketika pada jaman penjajahan Jepang di Indonesia dimana saat itu tawanan perang lah yang diberikan makanan ini. Hasilnya saat banyak orang mengalami disentri dan beberapa penyakit lain, tawanan perang tersebut sama sekali tidak tersentuh oleh penyakit. Kini tempe sudah sangat dikenal memiliki manfaat yang luar biasa mulai dari anti radikal bebas  yang digunakan untuk mencegah berbagai macam penyakit, mengatasi hipertensi dan bahkan kini disebut-sebut Tempe alternatif alami turunkan Kolesterol.

Sebutan ini bukan tanpa alasan karena sudah diteliti lebih lanjut oleh para dokter dimana ditemukan kandungan protein, lemak, karbohidrat dalam tempe ini jauh lebih mudah dicerna dibandingkan makanan lainnya. Tempe juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dimana setiap 100 gramnya akan menyumbangkan sekitar 30% serat yang sangat dianjurkan oleh tubuh dan ini merupakan berita yang sangat  bagus. Serat sendiri memiliki fungsi untuk membersihkan dan melancarkan saluran pencernaan serta mengikat lemak-lemak yang tidak dibutuhkan oleh tubuh dan membuangnya melalui feses.

Kandungan di dalam tempe yang bisa menurunkan kolesterol adalah sitosterol dan niasin dimana jumlah ini 5 kali lebih banyak dibandingkan kacang kedelai sendiri. Zat bernama niasin inilah yang memiliki fungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dan juga trigliserida. Mengkonsumsi 150 gram tempe setiap hari selama 2 minggu juga udah terbukti bisa menurunkan kolesterol total.

0 komentar:

Posting Komentar